Rabu, 01 Mei 2013

KEPRIBADIAN MANUSIA


KEPRIBADIAN YANG DIMILIKI OLEH SESEORANG

Menurut pendapat saya Kepribadian adalah sifat yang sesungguhnya tercermin pada sikap seseorang dan dapat juga ditunjukan melalui perilaku orang tersebut.

Kepribadian telah kita dapat sejak kita lahir. Sehingga saat kita anak-anak, maupun dewasa kita akan merasakan bahwa Kepribadian itu sangat penting bagi kita untuk bisa berinteraksi dengan orang di sekitar kita.

Namun, saat ini banyak orang yang memiliki kepribadian yang tidak tetap. Hal seperti ini bisa terjadi karena orang tersebut merubah kepribadiannya sendiri hanya untuk mendapat perhatian dari orang lain. Sehingga secara tidak sengaja dia telah merubah kepribadian dari diri dia sendiri.

Saat ini ada 4 Keoribadian yang ada dalam diri manusia, antara lain:
  1. Sanguin           → dijuluki si "Populer" karena pandai persuasif dan ingin terkenal.
  2. Koleris                         → dijuluki si "Kuat" karena sering dominan dan kompetitif.
  3. Melankolis      → dijuluki si "Sempurna" karena perfeksionis dan serba teratur.
  4. Plegmatis        → dijuluki si "Cinta Damai" karena kesetiaannya dan menghindari konflik.
Mungkin dari Kepribadian yang saya sebutkan tadi ada di dalam diri Anda sendiri.
            Meskipun kepribadian seseorang itu relatif konstan, namun dalam kenyataan sering ditemukan bahwa perubahan kepribadian itu dapat dan mungkin terjadi. Perubahan itu terjadi dipengaruhi oleh faktor gangguan fisik dan lingkungan.
            Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan kepribadian diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Faktor fisik, seperti: gangguan otak, kurang gizi (malnutrisi), mengkonsumsi obat-obat terlarang (NAPZA atau NARKOBA), minuman keras, dan gangguan organik (sakit atu kecelakaan).
  2. Fator lingkungan sosial budaya, seperti: krisis politik, ekonomi, dan keamaan yang menyebabkan terjadinya masalah pribadi (stress, depresi) dan masalah sosial (pengangguran, premanisme, dan kriminalitas).
  3. Faktor diri sendiri, seperti: tekanan emosional (frustasi yang berkepanjangan), dan identifikasi atau imitasi terhadap orang lain yang berkepribadian menyimpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar